Senin, 25 Mei 2015

Explore Bangkok di hari songkran: 12 April 2015

Yeah, ini hari ketiga gue di Bangkok & niatnya hari ini bakal diabisin buat belanja-belanja. Berhubung hari ini hari minggu, ga afdol kalo kita ga belanja di Chatuchak weekend market (dibacanya jatujak atau jj market). Sengaja hari ini bangun lebih pagi biar belanjanya lebih lama. Gue hari ini pergi ke jatujak bakal nyobain naek MRT nih, ya karna kebetulan stasiun Asoke terhubung sama MRT juga. Jadi ada dua pilihan opsi kalo ke jatujak, bisa naek BTS dan turun di stasiun Mo Chit, atau naek MRT turun di stasiun Chatuchak Park (ini masuk jatujak dari gate 2) atau stasiun Kamphaeng Phet (ini masuk jatujak dari gate 1).

Cara naek MRT disini tinggal ke stasiun Asoke aja, tapi turun lewatin eskalator gitu, ada petunjuknya ko. Pas udah nyampe dibawah, sumpah ini stasiunnya nyaman banget, luas, ada ATM, ada toilet juga. Cara beli tokennya sama kaya beli tiket BTS, kita beli lewat mesin gitu. Dan enaknya mesin-mesin disini bisa pake uang kertas, kan kalo BTS kita harus nuker koin dulu tu. Bentuk tokennya kecil kaya biji karambol gitu deh, hati-hati jangan sampe ilang ya, ntar ga bisa keluar kalo ilang. Menurut gue dibanding naek BTS, lebih nyaman naek MRT, petama karna stasiunnya nyaman & ber-AC kalo BTS kan ga ada AC nya, terus tarifnya lebih murah dibanding BTS, keretanya lebih cepet jalannya. Tapi ada kekurangannya juga sih, pertama keretanya lebih lama datengnya, skitar 5 menitan sementara kereta BTS datengnya lebih cepet, terus kekurangan yang kedua itu dia baru tersedia satu line doang, jadi ga bisa menjangkau tempat-tempat di Bangkok.

Gue udah baca beberapa blog orang & disaranin kalo naek MRT ke jatujak ini lebih baik turun di stasiun Kamphaeng Phet karna di gate 1 itu ada pembagian map kawasan jatujaknya sendiri. Berhubung jatujak ini luas banget, makanya kita butuh map nya banget nih & bisa diambil di pusat informasinya. Naek MRT kesini dikenain ongkos kalo ga salah B35 sementara kalo naek BTS ongkosnya B42, lumayankan irit B7 hahaha.

Di jatujak ini juga ada tempat makan halalnya nih, namanya Saman Islam caranya tinggal cari Section 16 yang keliatan ada jam antik di bagian tengah, terus jalan masuk ke lorong deket jam antik itu. Gue mesen Nasi Briyani yang disebut Burayane di sana, sementara Sarah mesen Tom Yum Beef. Pas dateng ternyata porsinya gede banget, ayam yang punya gue gede banget dan daging di Tom Yum Sarah diiris segede daging rendang di Indo hahaha, tapi rasanya enak loh.


Nasi Briyani yang disebut Burayane

Tom Yum Beef pake kwetiau
Untuk minumannya gue sama Sarah milih strawbery milk, rasanya kalo kata gue kaya pop ice strawbery, ga special hahaha. Pas gue bayar, harga makanan sama minum gue harganya ternyata B200 (lumayan mahal ya, secara ini di pasar & cuma ayam pake nasi) sementara harga makan sama minum sarah B250, haha lebih mahal lagi.

Belanja di jatujak gue saranin sih seharian penuh, soalnya tu luas & barangnya lucu-lucu banget semuanya lengkap dijual disini. Berhubung jadwal hari ini gue harus ke pratunam sama platinum, jadi gue belanja cuma sebentar deh. Pratunam sama Platinum Mall ini letaknya deketan, makanya kita sekalian jelajahin deh. Kalo dari jatujak mau kesini caranya naek MRT turun di Phetchaburi, terus liat arah ke Khlong Boats. Khlong Boats ini kapalnya kaya yang ada di sungai Chao Phraya, tapi ini mah menyusuri kali. Kali disana item juga sih kaya di Jakarta, cuma ga ada sampahnya makanya bisa dijadiin media transportasi.

Disana nunggu boatnya kaya ada haltenya gitu & ada map pemberhentiannya dimana aja. Gue turun di pratunam, dikenain ongkosnya B13. Pas turun udah keliatan deh tu gedung Platinum Mall nya & pas masuk ke dalem isinya kaya di ITC gitu toko-tokonya, harga baju-bajunya juga sama aja kaya di mangga dua (gue pikir harganya murahan disini). Katanya Pratunam itu lebih murah dari Platinum, makanya kita pindah tempat. Tapi sayang banget kalo Pratunam (yang di dalem gedung) udah tutup, kalo pedagang yang di luarnya sih masih buka ampe malem. Akhirnya kita balik lagi ke Platinum & belanja disana. Berhubung badan gue terlalu subur, jadi aga susah nyari bajunya, kan orang-orang disana badannya kecil-kecil hahaha. Di Platinum juga gue cuma makan McD, ga nyobain makanan-makanan khas sana.

Abis belanja di Platinum, gue jalan kaki ke Central World soalnya Sarah mau beli oleh-oleh lagi. Ga terlalu jauh sih jalan kesana, di sepanjang jalan juga banyak pedagang-pedagang kaki lima. Karna besok udah mulai songkran jadi banyak banget yang jualan pistol aer, gue sama Sarah beli yang bentuk mickey & minnie mouse deh. Di sebelah Central World juga ada swalayan semacem carrefour gitu namanya Big C, gue mampir kesana cuma buat beli nestea milk tea yang super enyak itu. Belanjaan kita udah berat banget-banget & jalan kaki juga udah jauh banget, jadi kita mutusin buat langsung pulang naek BTS dari stasiun Chit Lom. Sebenernya hari ini kita ada jadwal ke chocolate ville, tapi berhubung waktunya ga cukup jadi next time aja kesananya. Nyampe di hotel kita langsung packing karna besok kita udah pulang ke Indo :(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar