Minggu, 10 Mei 2015

Explore Bangkok di hari songkran: 11 April 2015

Ga terasa udah hari kedua di Bangkok dan gue bakal lanjutin cerita jalan-jalan gue. Pagi-pagi gue udah bangun dan niatnya hari ini bakal ngelilingin objek wisata sekitaran sungai Chao Phraya. Gue sengaja berangkat aga lebih pagi biar pas tengah hari bolong udah selesai keliling-kelilingnya. Gue berangkat dari stasiun Asoke menuju Saphan Taksin. Buat menuju ke stasiun ini kita harus ganti line BTS Silom, caranya itu harus turun dulu di Siam dan pindah line deh (nanti ada petunjuk jelasnya di stasiun). Nyampe Saphan Taksin abis itu langsung exit turun tangga dan udah keliatan deh tu Central Pier nya. 

Sempet aga bingung nih gimana cara naek kapal ferry nya, abis yang gue liat di papan-papannya cuma ada harga ferry yang bendera biru & itu emang untuk turis, tapi harganya lebih mahal (kalo ga salah B40). Sementara gue kan nyari ferry yang bendera orange karna harganya lebih murah. Taunya tempat nunggunya beda, tapi masih sebelah-sebelahan. Yaudah tu gue ikut ngantri aja sama orang-orang yang kebanyakan orang lokal. Pas ferry nya dateng kita semua yang nunggu keangkut juga tapi gue ga dapet duduk sih. Ga lama setelah naek, ibu-ibu kenek nya keliling nagihin ongkos & harganya dikenain B15 (jauh deket kalo ga salah  tarifnya sama). Karna tujuan awal gue mau ke Grand Palace, jadi kita turun di Tha Chang Pier.

Gue sebenernya ga tau letak pintu masuk Grand Palacenya, tapi gue ngikutin jalan keluar pier nya dulu tu. Setelah keluar ngeliat jalan raya, harusnya kita tinggal lurus aja sampe nemuin pintu masuk Grand Palace (atau kalau bingung tanya orang disana deh). Tapi gue sama Sarah malah belok  ke kanan jalan & kita sama sekali ga nanya orang. Kita kelilingin itu komplek Grand Palace dari luar jalan raya dan rasanya itu CAPEK BANGETTTT!!!!! 

Yang kita temuin malahan Wat Pho, sementara pintu masuk Grand Palacenya ga ketemu-ketemu. Gue emang ga pengen masuk ke Wat Pho karna disana cuma patung budha tiduran doang & ngeliat dari luar pun penuh banget. Gara-gara kita ngerasa nyasarnya udah jauh banget & masih ga nemu pintu masuk, akhirnya kita nanya sama bule yang abis dari Grand Palace (tau dia dari Grand Palace karna bawa-bawa map nya). Kita terus jalan & akhirnyaaaa KETEMU JUGA PINTUNYA!!! Wah pokonya kita seneng banget pas udah sampe situ.

Gue sama Sarah aga bingung sih, kenapa ko ga ada tempat loket tiketnya ya. Tapi kita terus masuk aja ngikutin arah petunjuknya. Pas nyampe dalem, ini tempat penuh banget sama turis, ya pasti karna lagi songkran sih. Akibat kita nyasar tadi, nyampe Grand Palace nya pas tengah hari bolong & matahari lagi terik banget banget. Gue disini ga masuk ke Emerald Buddha karna penuh banget & foto-foto di luar pun banyak orang-orang lewatnya, jadi ga bagus deh hasilnya.

Sengaja pake baju sopan biar boleh masuk Grand Palace











Kita jalan ngikutin arah orang-orang & ternyata ujungnya ngarah ke pintu keluar, mau balik lagi ga boleh, padahal kita belom puas foto di sekitaran Emerald Buddha yang rata-rata bangunannya itu kebanyakan warna gold. Gue baru tau kalo pintu keluar kita itu ternyata sama kaya pintu masuk utamanya, dimana ada loket pembelian tiket. Jadi daritadi kita nyasar, pintu yang kita masukin itu bukan pintu utama, tapi kaya pintu sampingnya & kita masuk Grand Palace GRATIS karna nyasar! Ya lumayan lah B500 jadinya bisa di save buat keperluan lain hahahahaha.

Di depan pintu utamanya itu banyak banget bus turis-turis dari berbagai negara & mau lewat aja aga susah karna saking ramenya. Gue sama Sarah langsung nyari jalan menuju Tha Tien Pier buat nyebrang ke Wat Arun. Eh di depan piernya ada banyak yang jual makanan & ada makanan khas sini yaitu mango sticky rice. Harganya B50, isinya 1 mangga dipotong-potong & dikasih ketan pake santen. Ketan campur santennya sih enak, tapi karna mangganya manis & ga dingin, jadi gue kurang suka aja.

Mango Sticky Rice


Karna cuma nyebrang doang, kita bayar ongkos cuma B3. Sebelum gue berangkat ke Thai sebenernya gue udah tau dari Instagram kalo Wat Arun ini lagi di betulin gitu, jadi ada tiang-tiang penyanggahnya. Gue pikir setelah gue dateng udah kelar, ternyata masih dibetulin. Tapi gue kesini semata-mata cuma mau sewa baju tradisonal Thai doang sih dan di blog orang udah di kasih tau kalo harga sewa kisarannya itu B100. Awalnya pedagangnya nawarin sewa B200, tapi kita tawar & dapet juga B100. Gue ke Wat Arun bener-bener cuma sewa baju, foto-foto & ga masuk ke dalemnya, kan sayang aja gitu mau foto tapi ada tiang-tiang penyanggahnya.

 
Baju tradisional orang Thailand
Dari Wat Arun, kita balik lagi ke Tha Tien Pier buat lanjutin perjalanan ke Asiatique. Caranya ke Asiatique ini kita naek ferry bendera orange lagi ke Central Pier, nanti disana kita tinggal nunggu ferry dari Asiatique nya dan itu gratis. Di Asiatique ini dia ada toko-toko, cafe buat nongkrong, dan tempat makan biasa, pokonya enak deh disini. Di luar Asiatique, di pinggir-pinggir jalanan gitu ada makanan emperan juga kalo ga mau makan di dalem, karna disini harganya lebih murah. Fyi aja buat yang muslim, di sekitaran pinggir jalan juga ada masjid buat sholat.


Pas malemnya gue nyobain nongkrong di cafe, namanya happy fish. Harga makanan sama minumannya ya kaya cafe-cafe di jakarta sih, ga jauh beda pokonya. dan yang pasti disini tempatnya enak buat ngobrol lama-lama. Selesai nongkrong, kita langsung pulang karna udah malem, ngeri ferry dari asiatique nya udah ga ada juga sih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar