Minggu, 03 Mei 2015

Explore Bangkok di hari songkran: 10 April 2015

Well, kali ini gue bakal nyeritain pengalaman pertama gue ke Bangkok yang cuma bermodalkan googling & baca blog para backpaker yang udah pernah kesana.

Persiapan:
Awal mula gue pengen ke Bangkok gara-gara suka banget sama pemain film ATM errak error yaitu Chantavit Dhanasevi (yang biasa dipanggil Ter) dan Preechaya Pongthananikorn (yang biasa dipanggil Ice) jadi pengen ketemu mereka hahaha. Tapi itu cuma iseng aja sih, sebenernya  gara-gara temen gue ada yang mau kesana juga untuk ikutan songkran festival. Emang apa sih songkran festival? Gue kepo dong, dan kata wikipedia gini ni www.id.wikipedia.org/wiki/Songkran_(Thailand)

Temen gue yang mau kesana itu dia udah dapet tiket promo dari Thai Lion seharga 1,6 juta PP. Itu harga udah murah banget karena songkran itu lagi high season di  Thailand, jadi semua maskapai penerbangan mahal-mahal.  Dan emang bener sih, di bulan Februari gue nyari tiket di traveloka atau tiket.com harganya 2 jutaan sekali jalan dan itupun pake acara transit, huf banget kan. Eh tiba-tiba air asia lagi ngadain promo pas hari songkran, tapi sebenernya aga takut naek air asia karna belom lama ada pesawatnya yang jatoh itu kan.

Bismillah, akhirnya gue sama dua orang temen gue (Diaz & Sarah) beli tiket promo itu seharga 2,1 juta PP (termasuk airport tax PP tapi belom termasuk bagasi). Terus kita mulai nyari hotel yang lokasi & budgetnya oke di agoda. Ternyata kita baru tau kalo cara pembayaran agoda itu pake credit card, sementara kita semua ga ada yang punya CC hahaha. Akhirnya kita nyari di website lain yang cara pembayarannya bisa debit & treveloka lah yang bisa debit. Di traveloka pilihan hotelnya ga sebanyak di agoda. Aga susah nih nyari hotel gara-gara yang udah kita incer di agoda ga kita temuin di traveloka. Gue emang sengaja nyari hotel yang jaraknya deket banget sama BTS (Skytrain) biar gampang kemana-mananya. Setelah dibantuin nyari hotel sama Ka Astri via group backpaker international di FB, kita pilih Tune Hotel Asoke dengan harga sewa 400rb/hari sebagai penginapan kita disana.

Perjalanan:
Ada bad news nih, temen gue yang naek Thai Lion itu gagal ikut karna ada kerjaan & Diaz juga gagal gara-gara ga dapet cuti dari inchargenya. Sedih banget sih berdua doang jalan-jalannya, tapi tetep seru untungnya hahaha. Pesan gue yang paling penting: sebelum berangkat gue udah baca-baca blog orang, dari tempat mana aja yang oke buat di datengin sampe gimana cara naek transportasinya. Dan jangan lupa sebelum pergi buat atur schedule selama disana sematang mungkin. Pesawat kita berangkat jam 06:50, dari subuh gue sama Sarah udah nongkrong di terminal 3. Di jadwal kita harusnya nyampe jam 10:45, tapi faktanya kita nyampe lebih cepet gitu, skitar jam 10 lewat kita udah mendarat di bandara Don Mueang Bangkok. Di imigrasinya prosesnya cepet karna emang lagi sepi sih. Ini bandara terliat tua banget, tapi masih nyaman lah walaupun beda jauh sama bandara Suvarnabhumi yang megah itu. Jadi di Bangkok itu ada dua bandara, bandara utamanya itu sebenernya Suvarnabhumi, tapi beberapa tahun yang lalu penerbangan murah kaya air asia dipindahin ke Don Mueang, diskriminasi banget ya haha.

Ketika nyampe bandara yang ada di benak gue adalah check-in di path hahaha. Sarah udah pake roaming simpati, sementara gue udah dikasih simcard bekas temen gue yang belom lama abis dari Phuket tapi belom ada pulsanya. Kalo di Phuket itu ada pembagian simcard gratis loh dari TrueMoveH, sementara di Don Mueang cuma ada counternya doang. Paketannya kalo menurut gue lumayan mahal dibanding simcard indo ya, simcard & paket unlimited 7 days harganya B299 (waktu gue beli harga bath nya lagi tinggi, jadi 1 bath kena Rp 407). Gue di bangkok berencana bakalan 4 hari, sementara paketannya cuma ada yang 3 days (B150) sama 7 days (B200), akhirnya gue beli yang 7 days deh walaupun mubazir. Pas gue jajal sinyalnya full terus & kecepatannya kenceng banget pokonya, ga nyesel deh beli ini.

Untuk menuju ke hotel, kita berniat naek BTS & dari Don Mueang  harus naek airport bus dulu. Nama busnya A1, cara naeknya exit di gate 6, pas udah keluar gate entar ada tulisannya ko.  Kalo di indo bus kaya gini kaya damri nya soeta tuh, tapi yang ini busnya aga tua, tapi tetep nyaman karna ada AC nya & harganya murah cuma B30. Gue turun di halte Chatuchak (perjalanannya makan waktu 20-30 menit kalo ga macet), terus naek eksalator ke stasiun Mo Chit. Nah untuk lebih jelasnya tentang rute si BTS ini, bisa cek ke websitenya nih www.bts.co.th . Tapi kalo kalian mau naek bis atau transportasi umum lainnya kaya MRT, bisa di cek di website ini www.transitbangkok.com semuanya jelas banget infonya, beda jauh deh sama transportasi umum di indo.

Cara beli tiket BTS nya langsung di mesinnya gitu, tapi sebelumnya kita harus pake uang koin. Kalo misalnya ga punya koin, kita bisa nukerin uang kertas kita di counternya. Pas mau make mesinnya sempet bingung nih gue, jadi ngeliatin orang dulu deh dari jauh hahaha. Jadi nanti di mesinnya ada rute BTS & udah ada harga untuk setiap masing-masing stasiun tujuan. Waktu itu stasiun tujuan gue buat ke hotel yaitu Asoke, harganya B42. Tinggal teken tombol angka 42, masukin koin B42 (kalo kelebihan uangnya nanti dikasih kembalian sama mesinnya), terus dapet deh tiketnya. Karna gue dateng pas siang-siang, jadi stasiunnya ga begitu rame, nyaman banget walaupun bawa koper. Gue baru tau kalo stasiun Asoke itu terhubung sama MRT juga. Jadi sebenernya BTS sama MRT itu keretanya sama aja, yang ngebedain BTS rel nya jalan di atas, MRT di bawah tanah.

Pas nyampe Asoke ada jembatan yang ngehubungin ke mall gitu, nama mall nya Terminal 21. Berhubung gue sama Sarah udah kelaperan, jadi kira mutusin buat makan disitu sambil bawa koper. Awalnya kita berniat makan di foodcourt di lantai atas, eh keburu nemu KFC, akhirnya langsung pesen KFC aja deh. KFC disini kalo ga salah belom ada sertifikat halalnya deh, tapi gue maen makan-makan aja karna laper haha.  Gue sama Sarah kepengen makan paket nasi ayam, ternyata disini ga jual yang kaya gitu, cuma ada paket kentang ayam, yang pake nasi ayam mungkin cuma di  indo aja yang jual haha. Perut udah keisi, saatnya nyari hotel dan alhamdulillah ternyata deket banget dari stasiun. Tinggal cari exit 4, terus turun tangga ada gang dan masuk skitar 100m, ketemu deh hotelnya. Sempet  bingung nih karna ga ada tulisan Tune hotel, ternyata sekarang namanya udah ganti jadi Red Planet Asoke.

Nyampe hotel skitar jam 1 lewat, belum bisa masuk karna jadwal check in nya jam 2. Sambil nunggu kita ngisi form dari hotelnya dulu sambil duduk di loby. Receptionist nya menurut gue logat bahasa inggrisnya jelas & lancar, soalnya nih orang-orang thai itu logat inggrisnya jelek banget menurut gue, mereka kaya aga cadel gitu kan. Jam 2 pun tiba & kita udah bisa masuk kamar. Pertama kali liat kamarnya emang kecil banget, ga ada space buat sholat sama sekali. Tapi gue akuin ini kamar bersih banget, nyaman dan fasilitasnya lumayan (wifi, hair dryer, AC, kipas angin, TV, air panas, safety box, colokan listriknya lumayan banyak). Pokonya gue ngerasa puas banget sama hotel ini, lokasi strategis banget & kamarnya nyaman walaupun ga ada minimarket disekitarnya tapi ada mall di sebrang jalannya.

Selesai beres-beres kita langsung cabut ke Siam naek BTS buat datengin musium Madame Tussauds di Siam Discovery. Harga tiketnya untuk dua orang dikenain harga B1520 & kayanya itu dapet diskon juga deh. Setelah selesai foto-foto di Madame Tussauds, kita keliling mall di sekitar Siam. Dari Siam Discovery sebelahnya ada Siam Center & sebelah Siam Center ada Siam Paragon. Dari ketiga mall itu yang paling rame cuma Siam Paragon, dari isinya kalo menurut gue Siam Paragon itu lebih lengkap makanya orang-orang banyak yang kesana. Oya, fyi buat yang muslim kalo nyari mushola disini aga susah soalnya orang thai banyak yang ga ngerti dan mereka sebagian besar agamanya Budha. Jadi kalo mau nanya ke tempat informasinya aja, yang pasti letak musholanya ada di lantai B deket parkir mobil.

Foto di Madame Tussauds

depan Siam Paragon

depan Siam Center
Abis keliling Siam kita ke MBK buat makan malem, letak MBK itu ada di sebrang Siam Discovery, jadi tinggal nyebrang jembatan aja langsung nyampe. Sebenernya MBK tutup jam 10 malem, tapi toko-tokonya jam 8 malem udah banyak yang tutup, ya kaya di ITC gitu deh pokonya. Gue makan di foodcourtnya di lantai paling atas. Di sini banyak makan halalnya & setelah browsing banyak yang nyaranin nyoba makanan di Jimbaran. Bentuk makanan & ukurannya dibikin replikanya disini, porsinya gede bangettttt. Gue sama Sarah mutusin buat sepiring berdua dan kita milih menu nasi ayam dipotong-potong gitu (lupa namanya) harganya B160 belum termasuk tax. Pas nyobain rasanya enak, apalagi sambelnya enak bangettt. Padahal ini masakan indo, tapi entah kenapa ada bumbu yang baunya tu khas thailand & gue kurang suka.

Selesai makan gue beli oleh-oleh kaos yang tulisannya ada thailadnya gitu deh. Harganya B99 & ga bisa ditawar lagi walaupun beli banyak tetep ga bisa. Bahan kaosnya emang bagus sih, lembut gitu. Oya penjualnya juga bisa bahasa indo loh hahaha keren dah. Abis belanja kita langsung balik ke hotel soalnya udah malem juga sih & perlu istirahat buat menghadapi hari esok.