Senin, 24 Desember 2012

hamil di luar nikah membuat masa depan temanku hancur



Diliat dari judulnya mungkin kayanya terlalu baku ya kata-katanya. Ya itu semua gambaran yang bakal gue ceritain disini. Gue punya temen yang mba (married by accident), sebuat aja namanya si riri. Riri itu temen rumah gue,tapi ga terlalu deket-deket  amatlah, soalnya kita jarang ketemu jadi jarang ngobrol gitu dan riri juga anak rumahan yang jarang maen ke luar. Sampe pada akhirnya muncul lah kabar dari kedua sahabat rumah gue yaitu ani dan ria (nama disamarin) kalo si riri mau dilamar sama cowonya. Gue kaget banget lah, secara kakanya si riri aja yg paling tua umurnya udah 27 tahun dan belom nikah, masa riri mau nikah? Terus juga baru aja sebulan yang lalu si riri abis ngerayain ultahnya yang ke 19 gitu dan gue juga sempet dateng ke ultahnya.
Riri itu anak ketiga dari tiga bersaudara, dan dia anak cewe satu-satunya jadi dia dimanja banget lah. Gue masih inget jelas dia pas masih kecil, dia suka ikut sanggar tari,suka pentas-pentas gitu dan kalo ketemu orang sombongnya luar biasa, berasa artis gitu. Pas dulu gue ga suka banget sama songongnya tu anak, tapi semakin lama keluarganya aga bangkrut gitu dah, dari dulunya masih punya mobil, eh  sekarang jadi yang biasa aja. Riri juga semakin tua sikapnya jadi ga sombong lagi sama orang dan abis lulus dari SMK riri ga ngelanjutin kuliah. Padahal menurut gue keluarganya masih mampu lah kalo nguliahinnya di kampus yang biasa,tapi dia lebih milih buat kerja.
Saking keponya sama berita lamaran si riri gue sama ani dan ria langsung ngumpul gitu dan hari itu tepat si riri di lamar. Gue ngeliat dari kejauhan rumahnya rame gitu sama keluarga calon suaminya dan gue bener-bener masih ga percaya kalo dia mau nikah. Tetangga-tetangga gue juga yakin banget kalo dia MBA dan gue juga sependapat sama mereka. Yang namanya bangke pasti baunya ya bakal tercium dan ternyata emang bener kalo riri dihamilin sama cowonya. Aga miris banget ya kenapa dia dihamilin sama cowonya itu soalnya tampang cowonya tuh matanya yang sayu-sayu, kaya orang mabok atau make narkoba lah dan kayanya pas saat lamaran itu juga cowonya lagi nganggur deh.

Riri masih beruntung banget walaupun dia ngelakuin kesalahan yang besar banget tapi keluarganya masih mau maafin dia. Sampe akhirnya riri nikah di rumahnya dan itu juga cuma akad doang, sementara resepsinya di rumah suaminya. Gue, ani sama ria ga ada satupun yang diundang sama riri, ya mungkin dia malu ngundang-ngundang temennya tapi kata nyokap gue sih dia diundang ke resepsinya, tapi nyokap gue ga dateng.
Semakin hari kandungan riri semakin gede, gue juga pernah ngeliat dia jalan-jalan keluar rumah tapi kita cuma nyapa dan ga pernah ngobrol. Gue juga jadi suka iseng liat status fb suaminya riri gara-gara suaminya itu suka marah-marah gitu deh. Jadi suaminya tuh sebenernya ga disetujuin gitu sama bokapnya riri, tapi apadaya si riri udah hamil, jadi secara ga ikhlas bokapnya harus nerima. Dan suaminya riri itu juga ngerasa kalo keluarganya riri ngerendahin keluarganya dia karena keluarganya dia lebih miskin (padahal keluarganya riri juga kaga kaya). Pokonya dari hasil pantauan gue itu suaminya riri suka ngeluh mulu, biasanya ya ngeluhin sifatnya si riri.
sampe akhirnya riri ngelahirin juga. gue juga tau gara-gara liat status fb suaminya. suaminya seneng karena anaknya lahir dengan selamat, tapi masalah yang laen dateng. suaminya ga punya uang buat biaya lahiran anaknya itu. ya maklum aja kerjaannya pasti gajinya kecil banget. akhirnya suaminya ngegadein motornya buat biaya lahiran. karna masih ga punya uang juga, ujung-ujungnya orang tua nya lagi yang turun tangan dan nebus motornya. emang yah kasih sayang orang tua itu sepanjang masa.
sekarang riri udah punya anak,tapi dia masih aja berantem sama suaminya itu. ada aja deh masalah yang dateng. waktu itu sempet gue di sms riri, dia bilang dia mau curhat gitu. akhirnya gue sama dia keluar dan kita ngobrol sebentaran. dia cerita kalo suaminya ga pulang-pulang, ya walaupun ga pulangnya juga gara-gara di rumah orang tuanya. dia stres banget deh kayanya, semuanya keliatan banget dari raut mukanya.
riri cerita kalo selama dia nikah dia suka berantem dan dia suka ngajak cerai suaminya. ya gue ga bisa komentar apa-apa. secara ini semua kan gara-gara riri belom siap nikah. ya bayangin aja umurnya masih muda banget. padahal suaminya itu udah 25 tahun,tapi kelakuannya ya sama aja kaya anak-anak juga. riri cerita kalo suaminya pas nikah sama dia beda banget sama pas pacaran. semua kelakuan buruknya ketauan, yang paling miris menurut gue sih pas riri cerita kalo dia pernah ditampar suaminya. sumpah ya kalo udah maen kekerasan kaya gitu udah ga sehat banget. dari tamparan besok-besokan bisa-bisa maen pukul sana pukul sini lagi.
gue denger cerita dari nyokap gue kalo riri ga mau ngasih asi sama sekali sama anaknya. dan bisa dibayangin deh kalo bayi tanpa asi kaya gimana, susu botolan ya ga akan mencukupi nutrisinya itu. dan terbukti sekarang anaknya kurus banget plus penyakitan. gue ga abis pikir deh sama riri kenapa dia ga mau ngejalanin kewajibannya sebagai ibu. udah gitu dia jarang banget ngurus anaknya, hampir semuanya diurus sama nyokapnya.
dari kisah hidup riri ini gue banyak banget ngambil pelajaran. anaknya masih bayi aja udah banyak masalah yg muncul, gimana kalo udah gede dan biaya yang dikeluarin juga makin banyak kan. intinya jangan sampe deh kita atau keluarga kita ngalamin hal yang dialamin riri yaitu MBA deh, amit-amit deh ya Allah. mungkin semua masalah yang dialamin sma riri sekarang ini sih bentuk hukuman dari Allah karena dia udah bikin dosa besar. dan sepenglihatan gue sih udah dikasih banyak cobaan tapi kayanya riri belom tobat juga. ya semoga kisah riri ini bikin kita biar jadi manusia yang lebih baik lagi.

2 komentar: